Pages

Senin, 07 April 2014

Download Thunderbird

Thunderbird
Bicara tentang spam hal pertama yang muncul dalam pikiran adalah “nasib” dari kotak inbox kita. Pesan spam yang dikirimkan via email selalu saja membuat kita harus ekstra kerja keras untuk mengawasinya. Hal ini disebabkan sering kali bukan hanya satu buah email spam yang dikirimkan, melainkan (pada beberapa kasus) bisa berpuluh bahkan beratus email yang diterima dalam sehari di inbox. Dengan begitu bagi pengguna email yang memiliki kapasitas inbox yang terbatas ini mungkin adalah sebuah “bencana”.

Mengurus spam akan menjadi lebih mudah bilamana kita memanfaatkan secara maksimal fitur-fitur yang ada pada email manager kita (entah yang web-based maupun POP). Solusi yang paling gampang bagi pengguna email yang memiliki fasilitas POP adalah menggunakan software email manager yang dapat diakses secara mudah lewat sistim operasi yang digunakan.



Mozilla Thunderbird merupakan salah satu email manager yang populer digunakan saat ini. Konsep open-source dalam pengembangan program ini, membuatnya begitu powerfull dan sangat dipercaya oleh sebagian besar pengguna email manager. Selain itu program ini juga dapat dijalankan baik pada Windows maupun Linux (installer yang berbeda).

Persoalan dalam penyelesaian masalah spam, Thunderbird memiliki fitur Junk Mail Control (menggunakan teknologi penyaringan spam Bayesian) yang terintegrasi di menu Tools pada menubar yang sebelumnya dapat dikonfigurasi terlebih dulu secara mudah. Langkah pertama adalah kita memastikan kembali bahwa fitur ini sudah diaktifkan oleh Thunderbird pada menu Tools > Options… yang biasanya pada setting asali sudah aktif. Silahkan cek juga pada pilihan Tools > Account Settings… untuk memeriksa apakah proteksi terhadap account email kita sudah aktif. Berikut screenshot-nya,


Pengaturan Tools > Options…


Pengaturan Tools > Account Settings…

Nantinya email yang masuk akan disaring terlebih dulu oleh Thunderbird dan apabila pada header email terdapat entri yang masuk klasifikasi sebagai spam akan langsung ditandai dan dipindahkan dari folder Inbox kedalam folder Junk. Tidak perlu takut apabila ada email pribadi kita yang bukanlah sebuah spam namun ditandai sebaliknya oleh Thunderbird yang kemudian dipindahkan kedalam folder Junk. Nah, dari folder tersebut kita tinggal menghapus tanda/icon Junk yang diberikan oleh Thunderbird dan secara otomatis akan memindahkannya kembali kedalam Inbox. Nantinya header email tersebut juga akan terus diingat oleh Thunderbird sebagai bukan spam.


Selanjutnya untuk menjalankan fitur ini cukup mengakses lewat pilihan Tools > Run Junk Mail Controls on Folder.

Selain menggunakan fitur Junk Mail Controls, ada fitur lainnya yang juga dapat dimanfaatkan untuk meminimalisir “infeksi” spam adalah dengan memanfaatkan fungsi Message Filter. Fungsi ini membuat kita dapat memilih email mana saja yang diinginkan untuk masuk ke Inbox dan mana yang tidak. Kita tinggal memasukkan alamat email mana saja yang diinginkan untuk dapat di-filter oleh Thunderbird. Fungsi ini juga dapat diaplikasikan oleh pengguna web-based email.






Link Download :


http://199.217.118.144/Getintopc.com/Thunderbird%20Setup%2024.1.0.exe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates